Thursday 12 September 2013

[Arduino Custom] Membuat Arduino Dengan ATmega16, ATmega32, ATmega162 dan ATmega128

Arduino hanya disuport sebagian kecil AVR antara lain ATmega328(beserta variannya) dan ATmega2560(beserta variannya). Hal ini sebenarnya memaksakan kita untuk memakain varian arduino tertentu. Misal kita membutuhkan arduino dengan 2 serial maka terpaksa kita membeli arduino mega dengan 4 serial. Padahal ATmega128 tersedia dipasaran dengan harga jauh lebih murah dari ATmega2560.
Saya berhasil membuat Arduino Custom dengan menggunakan ATmega16, ATmega32, ATmega128. Project saya ini bersifat open source, jadi free jika ingin membagi-bagikan ke orang lain. Arduino custom saya beri nama Gelatino agar lebih mudah diingat :).

Gelatino dapat didownload dan dilihat pengembangannya disini. 
https://github.com/vanbwodonk/gelatino/tree/master

Atau Langsung download versi release-nya disini
https://github.com/vanbwodonk/Gelatino/releases

Referensi desain mirip dengan Arduino Duemilanove dengan FTDI sebagai uploader + komunikasi serial. Untuk atmega128 bootloader terkoneksi pada UART0. Sedikit referensi boardnya mirip seperti ini. Jangan lupa penempatan pin ICSP nya ya :). Ini link PCBnya,
https://drive.google.com/folderview?id=0B7rz1reUtLyuVTJOUEI0bHVHUDQ&usp=sharing

Cara Installlnya sekarang bisa online dan offline. Cara - caranya lengkap ada di link Github.

Ditambahkan fitur terbaru untuk support atmega162, akan tetapi saya belum mencoba keseuruhan karena cuma lewat simulasi proteus, Barangkali yang punya board atmega162 bisa membantu saya.

31 comments:

  1. Mas Arif,,apakah rangkaian gelatino nya masih butuh bootloader seperti rangkaian arduino biasanya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bootloadernya, bisa didonlot bootloader beserta patch disini
      https://github.com/vanbwodonk/gelatino/tree/master

      Delete
  2. mohon petunjuknya mas.... saya coba upload pake arduino uno ke atmega16. tp selalu gagal. pesan : avrdude: stk500_getsync(): not in sync: resp=0x00
    mohon petunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek koneksi kabelnya, biasanya cm itu kalau download pake arduino, pastikan jg minsys atmega16nya berfungsi

      Delete
  3. mantap , saya pakai atmega8 sebagai isp. kemudian upload ke atmega16. sukses.

    ReplyDelete
  4. nyoba blink jalan tapi komunikasi serialnya kok nggak jalan ya.. atau emang begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa, kamu pakai bootloader atau download langsung pakai ISP? AVRnya pakai apa?

      Delete
    2. ternyata ada bug.. Sudah fix di commit terakhir

      Delete
  5. maaf atmega16 nya yang masih baru atau di fuse bit dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di fusebit dulu, atau langsung burn bootloader

      Delete
    2. mas saya coba blink pake usb asp tapi ada error

      avrdude: ser_open(): can't open device "\\.\COM1": The system cannot find the file specified.

      Delete
    3. kalau downloadnya pakai USBasp klik di skecth> upload using programmer. Sebelumnya USBasp nya harus di stting sebagai programmer di menu Tools

      Delete
    4. pada gelatino 16 dan 32 untuk program blik nya berhasil mas tapi ko saya coba program servo gagal

      Error compiling for board gelatino-16 w/ ATmega16.

      Delete
    5. km edit Servo.cpp nya, TIFR1 ganti dengan TIFR. TIMSK1 ganti dengan TIMSK.
      Semoga membantu

      Delete
  6. Keren mas.tapi aku simul di proteus utk blink kayak tdk normal blinknya.
    prosedur simul:
    1. copas blink.cpp.hex. pd kompku letaknya:C:\Users\user.user-PC\AppData\Local\Temp\build2649847100307396434.tmp
    2. reff blink.cpp.hex pada prog file textfield proteus.
    3.runing hasilnya spt tdk normal.
    gimana mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting di proteus pakai external crytal 16Mhz, emang kadang kaalu PCnya nge-lag blink nya jadi lambat.

      Delete
  7. sudah Mas Arif... tapi tetap tdk normal. tapi gak tau ya kalau di hardware. cz pengalaman kalau di proteus normal, di hardware juga normal.kami pakai proteus 8.4. windows 7 32 bit. trims mas arif atas repplnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu aja deh, sudah tested kq itu

      Delete
  8. mas arif kalau pakai IDE 1.6.9 bisa ga ya...

    ReplyDelete
  9. saya download librarynya kok g ikut kedownload ya gan, mohon dibantu gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.6.9. belum nyobak... Coba aja online instalation. terakhir saya nyoba di 1.6.8. Tapi seharusnya ya masih bisa.

      Delete
    2. Folder library nya sudah tak hapus, pakai aja library standard dari arduino. Biar support ke atmega16/32 bisa ikuti langkah2 ini,

      http://myembeddedsystem.blogspot.co.id/2016/05/tutorial-porting-arduino-library-ke.html

      Delete
  10. Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh mas arif. Kalau skema rangkaian gelatino atmega16 ada kah mas yang menggunakan usb b printer buat bagian uploadnya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. skematiknya sama kayak yg tak upload atmega128 itu, mikronya kamu ganti pakai atmega16. Tx Rx atmega 16 jg km sambungkan. DTR nya lewat 100nf km sambungkan ke reset. InsyaAllah sudah bisa. Atau email aja skematiknya kalau sudah jadi nanti tak koreksi.

      Delete
  11. Mas komponen smd ya mas ?
    Kalau yang komponen tidak smd harus pakai ic232 juga ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai USB to Serial yg level TTL bisa, banyak yg jual online. Pin nya sambungkan aja sama kabel jumper.

      Delete
  12. Mas arif...saya pakai gelatino led blink berhasil tapi kalo pakek serial kok eror ya mas. Wire.h nya gk kebaca

    ReplyDelete
  13. mas tolong boleh minta no Wanya? soalnya saya mau konsultasi mas nanti saya bayar

    ReplyDelete
  14. mas tolong boleh minta no Wanya? soalnya saya mau konsultasi mas nanti saya bayar

    ReplyDelete

Develop STM32 dengan STM32cubeMx + OpenSTM32 IDE

Banyak temen ² yang masih ngoprek STM32 di Keil, yang harus nyari software crack ²an. Bebas sih, tapi saya sepaham dengan dosen saya saat ...